Langsung ke konten utama

OPTIMASI SEO: 7 Cara Menulis Artikel Berkualitas Seo

Optimasi Seo
Optimasi Seo

Membuat artikel memang mudah, namun membuat artikel berkualitas Seo itu tidak mudah.

Ketika kita mengelola sebuah blog, sudah tentu tidak bisa terlepas dari SEO (Search Engine Optimization).

Menurut para pakar Seo, menyebutkan bahwa Seo adalah metode optimalisasi website yang bertujuan untuk menjadikan website kita bisa mendapatkan hasil yang optimal pada mesin pencari google.

Dengan penerapan Seo yang optimal, blog/web kita bisa masuk ke halaman pertama bahkan mendapatkan peringkat 1 di mesin pencari google (google search engine).

Seo terbagi menjadi 2 macam yaitu seo on-page dan Seo off-page.

Seo on-page adalah optimasi yang dilakukan dalam situs web.

Sedangkan Seo off-page adalah kebalikannya dari Seo onpage yaitu optimasi yang dilakukan di luar web.

Berikut cara membuat artikel yang optimal dalam Seo on-page.


1. Buatlah judul yang unik dan menarik yang mengandung kata kunci.

Dalam langkah membuat artikel yang optimal dalam Seo (berkualitas seo), pastikan judul yang anda buat unik dan menarik, sebab judul yang menarik akan memancing minat para pembaca untuk mengklik dan membaca artikel yang anda buat.

Coba anda perhatikan, di halaman pertama pada pencarian google, ada 10 hasil pencarian terbaik, dan jika diperhatikan 10 artikel yang bertengger dihalaman pertama google memiliki judul-judul yang sangat menarik, dan berisi konten-konten yang berkualitas.

Judul yang menarik akan berpotensi mendatangkan pengunjung yang lebih besar dibandingkan dengan artikel yang memiliki judul yang biasa-biasa saja.

Tidak hanya unik dan menarik, pembuatan judul harus disisipkan kata kunci, untuk memudahkan mesin pencari google (search engine) mendeteksi ketika ada pembaca yang melakukan pencarian (search) yang relevan dengan kata kunci yang anda sisipkan pada judul artikel anda, maka akan besar kemungkinan artikel anda akan muncul di hasil pencarian, dengan begitu artikel anda pun akan lebih berpotensi memiliki banyak pengunjung, seperti yang anda harapkan.

2. Alamat URL Yang Mengandung Kata Kunci.

Selain pada judul artikel, kata kunci juga harus terkandung dalam artikel yang anda buat.

Sebagai contoh: Jika artikel yang anda buat berjudul "Teknik Membuat Artikel Yang Optimal Untuk Seo", maka pastikan kata kunci ada pada url artikel anda.

Anda juga bisa mengatur alamat url artikel dengan mengedit url pada kolom tautan permanen.

Tautan Permanen
Edita Tautan Permanen

3. Menaruh Kata Kunci Pada Deskripsi Artikel (Meta Description)

Buatlah deskripsi pada artikel anda dengan menyisipkan kata kunci yang anda bidik, deskripsi artikel biasanya akan ditampilkan pada hasil pencarian mesin pencari google.

Dengan menaruh kata kunci pada deskripsi artikel anda, akan membantu mesin pencari google untuk mengenali dan mengindeks artikel yang anda buat, dan mempermudah mesin pencari dalam men-crawl (merayapi) artikel, ketika ada pencarian yang relevan dengan kata kunci pada artikel anda.

Idealnya, panjang deskripsi pada artikel adalah 160 karakter.

Dalam pembuatan deskripsi, anda bisa memasukan beberapa kata kunci sekaligus, tapi ingat, kata kunci yang disisipkan pada deskripsi harus relevan dengan kata kunci pada judul artikel yang anda bidik.

Contoh: anda membidik kata kunci "Optimasi Seo", maka anda bisa memasukan kata kunci Optimasi Seo onpage, Seo offpage dan lain selama kata kunci tersebut masih relevan dengan kata kunci utama.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Jika anda menggunakan Blogger, anda bisa membuat deskripsi pada kolok deskripsi penelusuran.

Deskripsi Penelusuran
Deskripsi Penelusuran


4. Menaruh Kata Kunci Pada Subjudul Artikel

Ketika anda membuat sebuah artikel, pastinya dalam artikel itu mempunyai subjudul (sub topik pembahasan), biasanya subjudul ditandai dengan huruf-huruf besar, dibanding dengan teks lain dalam artikel.

Menaruh kata kunci pada subjudul artikel yang anda buat sangat lah penting, karena akan memudahkan mesin pencari (search engine) men-crawl (merayapi) artikel anda ketika ada pencarian dengan kata kunci yang relevan.

5. Menaruh Kata Kunci (Keyword) Secara Merata Pada Artikel.

Sisipkan kata kunci yang anda bidik ke setiap halaman artikel anda, tapi anda jangan membabi buta dalam menyisipkan kata kunci (keyword), karena kan dianggap spam oleh google, selain itu pembaca juga akan merasa terganggu dengan begitu banyaknya keyword yang anda masukan.

Anda bisa memasukan kata kunci dengan menggunakan sinonim/related keyword (kata-kata/istilah yang masing berhubungan dengan kata kunci utama).

6. Menaruh Internal Link Dan Eksternal Link

Sisipkan 1-3 internal link pada artikel anda, artikel yang baik dan yang disukai google adalah artikel yang mempunyai internal ling yang relevan dengan topik pembahasan pada artikel anda, dengan begitu pembaca pu akan merasa puas dengan artikel yang dibacanya.

Selain itu, dengan menyisipkan internal link (link antar artikel), diharapkan akan mendapatkan link juice, karena dengan semakin banyaknya link juice pada artikel anda, akan berpengaruh sangat baik untuk blog/web anda.

Selain menaruh internal link, sisipkan juga 2 eksternal link yang relevansi dengan pembahasan pada artikel anda.

7. Gunakan Gambar Yang Mengandung Kata Kunci.

 Jika anda membuat artikel, tentunya anda ingin pembaca betah berlama-lama dalam membaca artikel anda, hal ini tentu anda harus mempunyai strategi agar pembaca betah berlama-lama di blog anda, salah satunya dengan menyisipkan gambar pada artikel.

Dengan adanya gambar, akan menghilangkan kejenuhan si pengunjung ketika sedang membaca artikel pada blog anda.

Lengkapi gambar dengan title teks, alt teks dan add caption, anda bisa memasukan kata kunci yang relevan dengan kata kunci (keyword) yang anda bidik di title teks dan alt teks  untuk mempermudah search engine mengidentifikasi apakah gambar yang ada di dalam artikel relevan dengan isi artikel.

Nah,, Itulah cara menulis artikel berkulitas seo, semoga artikel bisa menjadi referensi untuk membuat artikel yang lebih baik lagi, jika ada krikit dan sarah silahkan utarakan di kolom komentar saja.

Terima kasih anda suah berkunjung di blog saya, semoga kedepannya saya bisa menyajikan artikel/postingan yang lebih informatip lagi.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Alami

image: menjaga kesehatan tubuh secara alami Memiliki tubuh yang sehat dan bugar adalah aset yang sangat berharga dalam kehidupan kita, menjaga tubuh agar tetap sehat adalah hal yang harus dilakukan bagi semua orang, agar dapat melakukan aktifitas kerja sehari-hari dengan lancar. Aktifitas yang begitu padat tentu akan sangat menguras energi dalam tubuh kita, untuk itu betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh kita agar tubuh tidak mudah drop walaupun dihadapi dengan berbagai macam aktifitas sehari-hari. Agar tubuh kita selalu sehat dan bugar, hal yang harus kita lakukan adalah berpola hidup yang sehat , jika kita sudah terbiasanya dengan pola hidup yang sehat, maka akan sangat baik bagi tubuh kita.   Lantas apa saja yang harus dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar?  Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut tips menjaga kesehata tubuh secara alami. 1. Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat Dan Bergizi Tinggi Tubuh k

Cara Agar Postingan Blog Cepat Terindex Di Google Kurang Dari 5 Menit

Google Indexing Ketika artikel baru sudah selesai dibuat dan dipublikasikan, bukan berarti tugas anda sudah selesai sampai disini, masih ada hal penting yang harus anda lakukan, yaitu anda harus mengusahakan agar artikel yang baru anda buat bisa cepat dikenali dan diindeks oleh google. Semua artikel baru tentunya akan diindeks dan dikenali oleh mesin pencari (search engine) google, namun google memerlukan waktu beberapa hari agar artikel baru bisa dikenali dan diindeks. Itulah alasannya mengapa harus dilakukan beberapa cara agar artikel baru anda bisa langsung terindeks di google. Hal ini memang penting anda lakukan, karena akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan dan popularitas blog anda. Seperti kita ketahui, hampir 70% pengunjung yang datang dari mesin pencari Google , Bing dan Yahoo, hal ini tentunya bisa anda manfaatkan untuk menjaring lebih banyak pengunjung ke blog anda. Agar para pengunjung bisa menemukan artikel/postingan anda, tentunya artikel harus terinde